Google
 

Thursday, December 13, 2007

Maaf, Notebook Ini untuk Kalangan Terbatas

Biarpun harganya mahal, peminat tablet PC masih tetap ada
Meski harga terbatas, ternyata tablet PC masih menjadi pilihan bagi orang dengan mobilitas yang tinggi. Hanya saja, harga mahal menjadi penghambat perkembangan tablet PC ke depan nanti.


Pasar notebook di Indonesia terus bergerak naik. Pada semester I tahun 2007, pasar notebook Indonesia meningkat hingga 37,4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2006. Pertumbuhan ini erat kaitannya dengan penerimaan pasar akan produk computer personal. Tingkat pertumbuhan notebook pada kuartal kedua saja tumbuh hingga 92,6% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Di antara data pertumbuhan tersebut, terseliplah satu produk yang disebut tablet PC. Dilihat dari bentuknya, tablet PC sepintas mirip dengan notebook, namun tablet PC memiliki teknologi yang lebih canggih ketimbang jenis notebook biasa.
Sayangnya, pasar tablet PC di Indonesia masih sangat terbatas. Para importir hanya membidik pelanggan korporat atau pengguna yang memang membutuhkan teknologi yang terdapat pada produk tablet PC.
Hal ini diakui oleh Henkyanto Tjokro Adiguno, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo). Menurut Henky factor yang menyebabkan tablet PC kurang begitu populer di Indonesia adalah harganya yang terhitung masih mahal.”Menurut saya, itu hal yang wajar mengingat teknologi tablet PC. Namun pasarnya menjadi terbatas,” imbuh Henky. Seperti kita ketahui, untuk spesifikasi yang sama, harga tablet PC bisa lebih mahal sekitar 150% ketimbang notebook.
Apa yang dikatakan Henky memang benar. Tengok saja, Pabrik computer Toshiba. Kontribusi penjulan dari tablet PC dari seluruh jenis notebook mereka hanya 5%. Acer juga setali tiga uang, kontribusinya konon kurang dari 1%. Bahkan, Acer sudah tidak lagi bikin tablet PC.
Saking terbatasnya tablet PC di Indonesia, Lenovo secara resmi tidak memasar- kan tablet PC mereka di sini. “Selama ini pembelian tablet PC kami hanya berdasarkan pesanan saja,” uajar Willy Hendrajudo, Menager Pemasaran Lenovo Indonesia.

Biarpun kecil peminat tetap ada
Kecilnya pasar tablet PC terlihat jelas dalam pameran Indo comtech, dua pekan lalu. Dalam ajang tahunan itu, dari sekian banyak produsen notebook yang ikut serta dalam pameran, yang memamerkan tablet PC kurang dari lima peserta. Rata-rata produsen cendrung menonjolkan produk notebook mereka.
Tapi jangan salah,lo! Biarpun kecil, ternyata peminat tablet PC masih tetap ada. Salah satu penjaga stan Fuitsu mengaku, dari 12 tablet PCyang di siapkan, pada hari kedua sudah terjual tujuh unit tablet PC. Seri yang dijual adalah Fujitsu Lifebook U810 Mini dengan lebar layar 5,6 inci. Khusus di pameran tersebut, produk ini di lepas dengan harga Rp 10,9 juta, setelah di diskon dari harga normal yang Rp 13 jutaan. Pembelipun mendapat bonus USB 1 GB. “Kalau benar tertarik, harga masih bisa di nego,kok, plus saya kasih bonus MP3,” timpal penjag tersebut, wah!.
Meski menggusung harga yang tinggi, produsen masih tetap optimistis pada perkembangan pasar tablet PC.
Di stan Hawlett Packard, tampak seorang sedang mencoba tablet PC Pavillion TX1209. Produk ini dilepas seharga US$ 1.399 dari harga normal yang mencapai US$ 1.549.
Sebenarnya, kalau diamati dari sisi teknologi, banyak sekali hal yang bisa di tonjolkan dari tablet PC. Satu hal yang pasti, tablet PC ini cocok bagi pengguna dengan mobilitas yang sangat tinggi. Lihat saja fitur-fitur umum yang ada dalam perangkat ini,seperti touch screen, pengaman sidik jari, dan beberapa fitur lain. Kinerja tablet PC pun jadi lebih optimal jika di bandingkan dengan smartphone atau PDA.

Menggelontorkan produk andalan
Karena pasarnya yang sangat terbatas, produsen berlomba-lomba menggelontor- kan produk untuk menjaring peminat tablet PC yang lebih banyak.
Bulan juni lalu, Toshiba merilis tablet PC generasi keenam Portege R400. Pada seri R400, Toshiba menggabungkan kemampuan inovasi Elevated Rotational Hinge atau engsel rotasi elevasi dan layar lebar LED berdiagonal 12,1 inci. Teknologi layarnya juga di gabungkan dengan kemampuan inovasi elevated rotational hinge atau engsel rotasi elevasi dan layar lebar LED berdiagonal 12.1".Technologi layarnya juga digabungkan dengan tampilan microsoft windows. anda juga dapatmemasukan data dengan pena dan basis aplikasi komputasi perhitungan.misalnya untuk membuat jurnal atau manajemen persedianaan gudang. Toshiba saat ini masih memimpin technologi di tablet PC.
tak mau kalah dengan toshiba Lenovo pun mengelontorkan product anyar mereka yaitu Thinkpad X61. battray Thinkpad X61 dapat bertahan 10-11jam. selain itu dengan mengaktipkan kontrol battray strecth, para pemakai dapat meningkatkan daya tahan battray sampai dengan 15% lebih panjang lagi untuk menyelesaikan presentasi, atau pekerjaan yang sedang berjalan.caranya adalah dengan memilih fungsi menonaktifkan software manager ThinkVantage ntuk sementara.
paket PC Lenovo juga dilengkapi dengan SuperView,technologi yang menggunakan layar resolusi SXGA+. Alhasil, pantulan layar ini akan lebih sedikit dibandingkan dengan tecnologi serupa sehingga layar mudah dibaca diluar ruangan maupun dibawah cahaya matahari langsung. technologi ini juga membantu mengurangi goresan. Thinkpad X61 dilepas dengan harga mulai dai US$2.299.
pemain lain pun tertarik terjun ke pasar tablet PC. pabrikan dari Italia,Holbe Dialogue Euroupe (HDE) menjual pasar local dengan Flybook V5HsDPa 3.5g. menurut tedy yamin Exsecutif Marketing DataScrip, Distributor Flybook, Tablet PC dengan layar 12" ini punya Kemampuas HsDPa untuk komunikasi data , suara dan SMS. bobotnya juga ringan , dengan harga US$3.150, Flybook menyasar segmen TOp Exsecutif yang memiliki mobilitas dan kebutuhan konectifitas yang tinggi.