Google
 

Monday, December 17, 2007

komputer jangkrik masih mengelitik

Menelusuri Serba Serbi memilih komputer rakitan yang layak

Computer rakitan masih menjadi idola diantara produk produk computer lainya. Maklum harganya tergolong murah meriah. Tapi hati hati kalau membeli computer rakitan. Yuk, tengok bagaimana cara memilih computer rakitan.

Sekarang ini computer sudah bukan barang mewah, bukan pula barang yang aneh, anak anak TK saja sudah akrab dengan computer, ya arena harga computer sudah semakin murah, bahkan computer Brended atau bermerk ikut meluncurkan produk murah. Tapi kalau mau computer yang harganya bantingan, anda bisa mencoba membeli computer rakitan.

Sampai saat ini computer rakitan atau disebut juga computer jangkrik masih jenis computer yang paling diminati.maklum saja karena computer Jangkrik masih lebih murah disbanding dengan harga computer bermerk, “kalo beli computer bermerk banyak konsumen bilang masih terlalu mahal:” kata A tiong salah satu pedagang computer di Mangga dua Mall.

Lihat saja sebuah computer rakitan yang sudah memakai Proccesor Intel Pentium 4, lengkap dengan monitor,mouse,dan keyboard bisa dilego hanya dengan Harga Rp 2.6juta. itupun dengan kapasitas Memory dan Harddisk yang cukup besar, padahal harga computer brended dengan spesipikasi yang sama bisa lebih mahal sekitar Rp 1jt dibandingkan dengan computer rakitan, bandingkan selisihnya, lumayan bukan?

Waspada memilih Perakit
Harga yang murah memang menjadi salah satu kelebihan computer rakitan. Tapi itu bukan satu satunya loh. Sesuai namanya computer rakitan adalah computer yang dirakit sendiri oleh penggunanya atau penjualnya. Jadi berbeda dengan membeli computer builtup dari pabrik yang isinya sudah merupakan satu paket.
Perakit bisa bebas memilih Processor yang dipakai, merk motherboard apa yang dipasang, atau kartu grafis apa yang anda inginkan, dan sebagainya.
Selain itu,bila ingin meng upgrade komponen computer dengan seri yang lebih baru, anda bisa dengan leluasa menggantinya.
Jangan hawatir soal mutu asalkan perakit memiliki kompentesi dalam merakit, kualitas computer rakitan tidak kalah dengan buatan pabrik.

Yang perlu di Perhatikan dalam membeli computer rakitan ;
1. anda harus mengenal apa saja isi computer itu sendiri, ada 10 komponen dasar yang anda harus tau yaitu :
• processor
• motherboard
• harddisk
• memory
• grafis card
• casing dengan power supply
• keyboard
• mouse
• fluffy disk drive
• monitor

pastikan 10 komponen ini ada di computer yang anda beli.

2.sesuaikan jenis computer yang anda beli dengan kebutuhan, misalnya anda membeli computer hanya untuk bekerja, anda hanya perlu computer dengan spesifikasi minimal, tergantung kebutuhan pekerjaan. Misalnya untuk multi media anda harus menambah kan komponen souncard, speaker aktif dan oftical drive.

3.tentukan jumlah dana yang anda sediakan untuk membeli computer rakitan. Karena ini computer rakitan, komponen computer bisa disesuaikan dengan isi kantong Anda. Tentunya jika anda mengingiknan komponen terbaik anda harus merogoh kocek lebih dalam dan sebaliknya.

4.anda juga harus memperhatikan garansi yang diberikan oleh penjual. Biasanya mereka beri garansi service dan komponen, mengenai lama waktunya itu tergantung dari si penjualnya.
Selain itu, perhatikan juga apakah computer yang anda beli mudah untuk di Upgrade atau tidak, jika anda membeli computer rakitan ternyata komponennya susah untuk di upgrade atau komponen penggantinya sulit di cari tentu akan menyusahakan anda, apalagi kalau anda ada rencana untuk mengUpgradenya.

5.ini yang paling penting, anda harus memperhatika reputasi dan kompentensi si perakit/penjual. Perhatikan pengalaman dan pengetahuan siperakit tentang technologi computer. Cari tau juga bagaimana reputasi sipenjual, jangan sampai anda membeli dari penjual yang nakal.

Biasanya computer rakitan ini non O.S atau tanpa operating System. Sehingga anda harus lebih dalam lagi merogoh kocek untuk membeli peranti lunak tsb. Kalo computer branded biasanya sudah di bundle dengan peranti lunak.
Sebagai gambaran harga OS Windows Vista Home basic mencapai US$104, atau setara dengan Rp.956.800.- pada kurs Rp.9200/ US$.

Toko komputer : megsales, queentech, warcom

No comments: