Google
 

Wednesday, December 5, 2007

JARINGAN NETWORKING DI WIN XP


Dengan jaringan lan ga perlu lag usb atau disket yg merepotkan untuk suasana kantor anda .... dan ga usah bolak-balik tukeran / pindahin data.
Biasanya juga dipakai di warnet-warnet....... Berikut kilasan ringkasanya.
Langkah pertama yg perlu disiapkan adalah : Kabel belden , kepala Rj45 , Kalmting , dan yg pasti pastikan Komputer2 anda telah terpasang Lan lengkap dengan driver-nya.
untuk susunan warna kabel belden sih tidak ada standarnya...., sesuka hati kita saja... Kabel belden terdiri dari 8 kabel sebagai berikut : Orange , Orange putih , Biru , Biru putih , Hujau , Hijau putih , Coklat , Coklat putih. Jangan lupa Hub nya ya.... boleh merk apa aja yg penting working.


*urutan untuk Line atau harus sama untuk susunan warna pada kedua sisi ujung kabel (dah masuk Kepala RJ tentunya dan dah di Klamting).
*Untuk urutan Cros ada harus menukar posisi antara warna no1 dengan warna no 3, dan warna no ke 2 dengan yg ke 6 ( 1326 ).ini untuk 2 komputer tanpa melalui hub.
atau beli kabel dan minta di buatin aja sama penjual kabelnya .rebes dech.......
setelah beres urusan kabel tinggal pasang dech ke lan komputer .
setelah terpasang tinggal seting jaringan anda di komputer.Biasanya jaringan dengan operating win Xp akan lebih mudah di jalankan.
tinggal ke network connections , pilih dech... set up home or small office network ( klik), maka akan muncul jendela yg bertuliskan Welcome to the network Setup Wizrd pilih Next, next lg , trus akan di hadapakan pada pertanyaan , pilih "No ,letme choose another way to connect to the internet" lalu pilih next, lalu pilih "this computer connects to the internet through a residential gateway or through anther computer on my network, kemudian Pilih Next,lalu pilih next lagi, kemudian anda akan di hadapkan pada kotak pertanayaan "give this computer a description and name....., nah namain dech komputer anda yg nanti akan tampil di dalam Network. kemudian Next ,lalu namakan dech jaringan anda , contoh " jaringan Gue " nama jaringan ini harus sama dalam setiap anda malakukan seting pada setiap komputer dalam satu jaringan (agar semua bisa dikenali dalam satu jaringan tentunya).nah setelah itu pilih dech file anda ingin di Share atau tidak (yg mau kita share bisa di atur ko ) jadi pilih aja Turn on file and printer sharing... abis ituu next lalu tunggu beberapa saat kemudian langkah terakhir pilih dech "just Finish the wizard........" kemudian next lalu next lagi trus finis dech.
biasanya ...komputer akan minta di restat ikutin aja, setelah restat beres dech....
Selamat mecoba coy......



No comments: